SATE KLOPO ONDOMOHEN BUKAN SATE BIASA


SATE KLOPO ONDOMOHEN BUKAN SATE BIASA

Oleh: Eveline Y. B.

20160812_122339

Menyusuri jalan Walikota Mustajab (d/h Ondomohen), Surabaya sangat menyenangkan. Di kanan kiri jalan ditumbuhi pohon akasia yang rindang. Ketika menjelang Lebaran dan Natal, toko-toko menjual parcel, yang memberikan kesan semarak. Urusan kuliner, jalan Ondomohen juga memiliki beragam makanan yang dijual disitu. Sebut saja, Ayam Bakar Wong Solo, Soto Ayam Pakelan, Soto Madura Wawan, Depot Ampel dengan menu Timur Tengah, Bebek Harisa, Lemper 168 yang terkenal besar dan banyak ayamnya, Nasi Goreng Cak Atroep (pada malam hari) serta satu lagi yaitu Sate Klopo Ondomohen.

Sate Klopo Ondomohen Ibu Asih terlatak di jalan Walikota Mustajab no. 36 Surabaya. Buka mulai pukul 07.30 – 23.30. Setiap hari selalu ramai pengunjung, terutama pada jam makan siang. Walaupun pengunjung yang makan kadang terkena asap dari pembakaran sate dan bau asap melekat di baju, tetapi tempat ini tidak pernah sepi. Bagian depan merupakan area untuk membakar sate. Dua alat pembakar sate diletakkan dibawah. Tiga kipas angin digunakan sebagai pengganti kipas untuk membakar sate.

20160812_124403

Tempat untuk membakar sate.

Sebelum dibakar, sate dibalur dengan parutan kelapa, lalu dicelukan ke bumbu kecap. Sate yang telah dibakar, disajikan dengan bumbu kacang, irisan bawang merah mentah dan cabe rawit. Bumbunya dominan rasa kacang dan tidak terlalu manis. Nasi putih atau lontong disajikan dengan taburan kelapa sangrai yang telah diberi bumbu. Sayang lontong hanya tersedia pagi hari, sedangkan siang hari lontong sudah habis. Menu sate tersedia dalam tiga macam, yaitu sate ayam, sate daging sapi dan sate campur. Sate campur terdiri dari daging sapi, otot dan sumsum. Seporsi sate berisi sepuluh tusuk sate.

20160812_121913

Sate yang siap dibakar.

Menilik sejarah sate klopo Ondomohen, berawal dari H. Zaenab yang berasal dari Madura dan berjualan sate mulai tahun 1945 di jalan Ondomohen. Disebut sate klopo Ondomohen karena satenya dibalur dengan parutan kelapa (kelapa dalam bahasa Jawa disebut klopo) dan berjualan di jalan Ondomohen. Kemudian pada tahun 1987, H. Zaenab mewariskan usaha sate kloponya kepada menantunya, yaitu Ibu Asih. Saat ini Sate Klopo Ondomohen menjadi salah satu tujuan wisata kuliner di Surabaya.

20160812_124415

Sate Klopo Ondomohen yang selalu ramai pengunjung.

Iklan

Tentang evelinebayu

Life is like a balance sheet where the debit and credit should always be balance. Therefore, I work hard and travelling a lot.
Pos ini dipublikasikan di Kuliner, Traveling dan tag , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke SATE KLOPO ONDOMOHEN BUKAN SATE BIASA

  1. Ping balik: Kuliner Unik Nan Melegenda Dari Kota Tua Surabaya, Sate Klopo Ondomohen Diminati Sejak 1945 | LH Dini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s